DEVI RAHMAYANTI (2023) Pemanfaatan Alat Peraga Math Link Cubes dalam Peningkatan Number Sense Siswa Homeschooling Online Tingkat Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka secara intuitif merupakan definisi dari number sense. Number sense merupakan pondasi dari semua konsep matematika baik konsep yang sederhana hingga yang kompleks. Salah satu tantangan bagi para pengajar adalah memastikan bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan intuisi yang baik dalam mengolah angka dan konsep dasar matematika agar peserta didik tidak kesulitan dalam mata pelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat peraga manipulatif Math Link Cubes yang efektif untuk meningkatkan number sense pada peserta didik sekolah dasar homeschooling online kelas rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa homeschooling dari salah satu Pusat Kegiatan Belajar Mengajar di Depok, Jawa Barat. Subjek penelitian ini merupakan 5 siswa homeschooling yang menjalani kegiatan pembelajaran secara mandiri di rumah dengan orang tua serta mengikuti program pembelajaran reguler secara dalam jaringan dengan PKBM. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penggunaan alat peraga manipulatif Math Link Cubes dapat digunakan untuk meningkatkan number sense atau pemikiran intuitif dan fleksibel akan angka dan konsep-konsep dasar matematika. Penggunaan alat peraga Link Cubes membantu subjek penelitian untuk berpikir lebih fleksibel, intuitif, dan memperkuat pengetahuannya akan bilangan dan fungsi suatu operasi bilangan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, homeschooling, number sense, pembelajaran online |
Subjects: | Program Studi > 163 Teknologi Pendidikan - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:02 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/918 |