ASTRI MUJIANI (2023) PENERAPAN WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM DI PT HOME CENTER INDONESIA KANTOR CABANG ARTERI PONDOK INDAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
PT. Home center Indonesia berdiri tahun 2004 yang menerapkan organisasi modern, ramping dan efisien. visi perusahaan PT Home Center Indonesia yang bertujuan untuk menjadi pemimpin retail furniture nomor 1 di Indonesia. mengahdirkan produk furniture dengan kualitas terbaik, PT. Home Center Indonesia membentuk brand retailnya dengan nama informa. Demi meningkatkan kecepatan sirkulasi produk furniture Informa, maka PT. Home Center Indonesia menerapkan sistem manajemen pergudangan (Warehouse Management System).Warehouse atau gudang merupakan bagian dari sistem logistik sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan menyediakan informasi mengenai status seta kondisi material/ persediaan yang disimpan di gudang, sehingga informasi tersebut up to date dan mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan. Warehouse management system (WMS) adalah sistem manajemen pergudangan yang merupakan kunci utama dalam supply chain, yang dimana tujuan utamanya yaitu mengontrol segala proses yang terjadi di dalam shipping (pengiriman), receiving (penerimaan), putaway (pergerakan), storage (penyimpanan) dan picking (pengambilan).Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif analisis dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan peneliti, baik data primer maupun sekunder dalam penerapan warehouse management system di PT. Home Center Indonesia Cabang Arteri Pondok Indah.Penerapan warehouse management system di PT. Home Center Indonesia Cabang Arteri Pondok Indah melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama pembuatan master location, kedua gudang transfer location, ketiga stock card for warehouse management, keempat stock location dan kelima warehouse receive to location. Dalam penerapan WMS di PT. Home Center Indonesia Cabang Arteri Pondok Indah terdapat kendala, yaitu kendala pertama kecepatan daya tangkap tiap individu yang berbeda dan kendala kedua waktu yang terbatas dan relatif singkat yang diberikan management dalam penerapan WMS.Pemeberian ruang diskusi sebeleum melakukan penerapan WMS di PT. Home Center Indonesia Cabang Arteri Pondok Indah akan dapat mengurangi hambatan dan kendala, karena kendala dan hambatan akan teridentifikasi saat diskusi dan dapat diambil solusi mengatasi kendala tersebut.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penerapan, warehouse management system, kendala |
Subjects: | Program Studi > 54 Manajemen-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:02 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/864 |