Search for collections on Karya Ilmiah

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN ARUT SELATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

MUHAMAD TAUFIK (2023) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN ARUT SELATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKKualitas pelayanan publik didaerah masih perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik. Masyarakat didaerah lebih banyak menuntut pelayanan yang optimal untuk memuaskan pelayanan yang diterima dari penyelenggara pemerintahan. Oleh sebab itu, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) perlu diterapkan. Meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta meminimalisir penyediaan pelayanan yang rumit merupakan tujuan dari PATEN. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengukuran kualitas yang berpedoman pada Permenpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, yaitu persayaratan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya / tarif pelayanan, produk pelayanan dan penanganan pengaduan, saran dan masukan / aspirasi. Jumlah responden pada penelitian diambil 10% dari jumlah populasi yang menerima pelayanan jasa diruang PATEN yang berjumlah 25 orang. Kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan adalah teknik pengumpulam data yang digunakan. Analisis statistik dan analisis deskriptif menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dibuktikan dengan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil penelitian tiap sub variabel memperoleh nilai dengan persentase lebih dari 81%, yaitu persayaratan 90%, prosedur pelayanan 88%, waktu penyelesaian 90%, biaya / tarif pelayanan 90%, produk pelayanan 89%, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan / aspirasi 85% sehingga masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan dan Paten.
Subjects: Program Studi > 50 Ilmu Administrasi Negara-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:01
Last Modified: 11 Dec 2023 09:01
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item
View Item