Search for collections on Karya Ilmiah

OPTIMALISASI KINERJA UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARADALAM ASPEK PELAYANAN PENUMPANG PESAWAT UDARADI BANDAR UDARA GEWAYANTANA TAHUN 2021-2022

EKNASUS MELKISUA TAUHO (2023) OPTIMALISASI KINERJA UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARADALAM ASPEK PELAYANAN PENUMPANG PESAWAT UDARADI BANDAR UDARA GEWAYANTANA TAHUN 2021-2022. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja UPBU dalam aspek pelayanan penumpang pesawat udara di Bandar Udara Gewayantana tahun 2021-2022. Permasalahan mendasar yang terdapat di UPBU Gewayantana adalah belum memadainya fasilitas pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan, tidak tersedianya moda transportasi lanjutan bagi penumpang yang akan meninggalkan Bandar Udara Gewayantana berupa taxi airport, tidak tersedianya troly bagasi, belum terdapat konsesi dan arena beramain anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative approach) karena sifat dari penelitian ini adalah mencari dan menggali informasi dari informan pangkal dilapangan. Mengacu hasil audit internal level of sevice terhadap kinerja UPBU dalam aspek pelayanan penumpang berdasarkan data yang diperoleh peneliti dan observasi lapangan, ditemukan bahwa aspek pelayanan untuk Proses Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang dalam kategori = A (Istimewa), tingkat Kenyamanan dalam kategori = C (Baik), dan aspek fasilitas pemberi nilai tambah dalam kategori = D (cukup). Setelah dilakukan wawancara dengan pengelola UPBU Gewayantana diperoleh kesimpulan bahwa kinerja UPBU aspek Pelayanan dapat dikembangan sehingga memenuhi tuntutan pelayanan public yang baik bagi pengguna jasa penerbangan dan penumpang pesawat udara dengan cara melakukan pemenuhan standar minimal pelayanan pada aspek tingkat kenyamanan dan penyediaan prasarana dan sarana fasilitas pemberi nilai tambah yang akan dilakukan melalui usulan program sesuai ketersediaan dan alokasi anggaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Aspek Pelayanan, Pelayanan Publik
Subjects: Program Studi > 71 Ilmu Pemerintahan-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:01
Last Modified: 11 Dec 2023 09:01
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item
View Item