Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UAPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD PERMATA INSANI ISLAMIC SCHOOL

INA ANDRIYANI (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UAPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD PERMATA INSANI ISLAMIC SCHOOL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar peserta didik kelas IV SD Permata Insani Islamic School pada pembelajaran matematika, materi bangun ruang, masih tergolong rendah. Rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap pembelajaran matematika materi bangun ruang ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan model Project Based Learning (PJBL) pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Permata Insani Islamic School melalui penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Permata Insani Islamic School dengan jumlah peserta didik 31 orang. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil pada penelitian yang dilakukan adalah: (1) Ketuntasan indivudial meningkat secara bertahap pada siklus pertama 19 siswa yang tuntas belajar dan menjadi 31 peserta didik pada siklus ketiga. Kemudian, persentase ketuntasan klasikal juga mengalami perubahan dari 61.29% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus ketiga; (2) Aktivitas guru dan siswa mulai dari siklus pertama sampai siklus ketiga menunjukkan kesesuaian terhadap model PJBL; (3) Keterampilan guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran dengan menggunakan PJBL mengalami peningkatan pada skor rata-rata yang semula 2.69 naik menjadi 2.9 berkategori baik; (4) Respon siswa terhadap model PJBL memperoleh hasil yang sangat baik yaitu 91.67% siswa beranggapan bahwa pembelajaran menggunakan model PJBL dapat membantu peserta didik memahami materi dengan baik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: project based learning, bangun ruang, hasil belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item
View Item