Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS IIIDI SD NEGERI 3 PERUMNAS WAY KANDIS

TIARA RAYSIA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS IIIDI SD NEGERI 3 PERUMNAS WAY KANDIS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil nilai pembelajaran pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika tentang pecahan menggunakan media manipulatif. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas III SD Negeri 3 Perumnas Way Kandis dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan selama 3 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 12 siswa (44 %) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (67 %). Pada siklus III meningkat menjadi 25 siswa (92 %). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pecahan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item
View Item