DEVI RENISTA CANDRA (2022) PENERAPAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan serta penting untuk dipelajari. Ilmu Pengetahuan Alam atau sains adalah ilmu yang mempelajari fenomena alam pada mahluk hidup. Namun pada realitanya IPA masih menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipelajari, termasuk bagi siswa kelas V SDN Margodadi. Hal tersebut disebabkan pembelajaran IPA masih menggunakan metode ceramah sehingga belum maksimal dalam memotivasi semangat belajar siswa. Atas dasar itu, penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian classroom action reseach. Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Margodadi. Data hasil belajar dan kegiatan siswa selama proses pembelajaran didapat dari tes serta lembar observasi. Data yang sudah terkumpul akan dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus pertama yaitu 6,8 dan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus kedua 7,5. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, maka implementasi metode Problem Based Learning (PBL) sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPA, Metode PBL (Problem Based Learning) |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/819 |