DESSY AULIA (2022) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Menggunakan Model Course Review Horay Di Kelas II SDN 02 Perjaya. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMatematika adalah mata pelajaran yang harus dimuat pada sekolah dasar.Namun dalam pelaksanaannya banyak siswa yang menganggap bahwamatapelajaran matematika sulit untuk dipelajari bahka peserta didik cenderungmenghindari pelajaran matematika. Padahal matematika merupakan pelajaranyang dasar dalam membekali peserta didik menuju jenjang pendidikanselanjutnya. Pentingnya peran pendidik dalam mengelola pembelajaran danpenerapan metode, model, atau cara yang tepat dengan karakter peserta didik danmateri sehingga menarik dan siswa aktif dalam menerima pembelajaranmatematika berlangsung. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada 21 siswa dikelas II SD Negeri 02 Perjaya, menunjukkan hanya 8 orang yang aktif dalampembelajaran matematika didalam kelas. Ada 13 orang siswa lainnya cenderungtidak memperhatikan bahkan tidak terlibat aktif dalam kegiatanpembelajaran.Penerapan model belajar Course Review Horay (CRH) merupakanmetode pembelajaran dengan konsep menguji pemahaman peserta didikmenggunakan soal,dan jawaban soal dituliskan pada kartu atau kotak yang telahdilengkapi deangan nomor, kemudian peserta didik secara individu maupunkelompok yang menyelesaikan soal dan menjawab yang lebih dahulu makaindividu atau kelompok lalu berkata “hore” atau menyebutkan yel-yel secarabersamaan. Model belajar CRH menjadi salah satu pilihan dalam kegiatanbelajar yang mengacu pada pemahaman konsep materi pada murid. Metodepenelitian yang dipakai dalam penulisan artikel ini yaitu penelitian tindakkankelas di Sekolah Dasar Negeri 02 Perjaya, dengan sasaran yaitu siswa kelas duadengan jumlah siswa 13 orang dan siswi 8 orang. Hasil penelitian tentang upayapeningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika materi pengukuranmenggunakan model course review horay di SD Negeri 02 Perjaya diperolehkesimpulan bahwa model course review horay bisa menaikan keaktifan pesertadidik. Ini tampak dari naiknya persentase siswa sangat aktif dari 14,28% menjadi66,67%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : course review horay; keaktifan Siswa;Matematika. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/815 |