BAMBANG SUBEKTI (2022) PENINGKATAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 105 PALEMBANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMetode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahapan ini merupakan siklus yang dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan berulang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya peningkatan nilai keterampilan siswa dalam menulis teks diskripsi setelah menggunakan model pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas III di SD Negeri 105 Palembang. Angka pada umumnya yang didapat anak didik saat sebelum diadakan perlakuan aksi merupakan 60, 12 yang cuma diterima oleh 6 orang anak didik dengan angka berakhir. Pada perlakuan aksi daur I mengalami terbentuknya kenaikan angka pada umumnya anak didik sebesar 68- 07, dimana 11 orang anak didik mendapatkan angka berakhir sebaliknya 15 orang anak didik sedang mendapatkan angka belum berakhir. Pada perlakuan tindakan siklus II didapati nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat lagi menjadi sebesar 77,11 dimana dari 26 orang siswa, 23 orang siswa sudah mendapatkan nilai tuntas sedangkan 3 orang siswa lainnya masih memperoleh nilai belum tuntas. Dari hasil riset yang dihidangkan bagus dalam perlakuan aksi daur I ataupun perlakuan aksi daur II, periset merumuskan kalau aksi koreksi penataran Bahasa Indonesia mengenai menulis bacaan Cerita dengan memakai bentuk penataran Example Non Example di kategori III SD Negara 105 Kecamatan Sako Palembang tahun pelajaran 2022 atau 2023, berjalan dengan bagus, serta karenanya hasil berlatih menulis bacaan cerita hadapi kenaikan dengan cara penting. Kenaikan yang terjalin bisa diamati dari hasil pendapatan ketuntasan berlatih anak didik dari 23, 07% pada prasiklus, naik jadi 42, 31% pada daur I, serta hadapi ekskalasi lagi sebesar 88, 64% pada daur II. Hasil berlatih anak didik dalam menulis bacaan cerita juga hadapi kenaikan dalam aktivitas- aktivitas: penyampaian modul pelajaran, pemakaian tata cara kegiatan golongan yang aktif, pemakaian alat lukisan yang bagus, cocok dengan modul pelajaran serta menarik atensi siswa, meningkatkan keaktifan siswa dalam usaha pembelajaran menulis teks deskripsi dan pemberian motivasi yang baik kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Teks, Deskripsi, Gambar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/807 |