Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan kemampuan hasil belajar mata pelajaran IPA materi sumber energi dan kegunaannya melalui metode paor check pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Muara Padang

CORY ANA MUHAIMIN (2022) Peningkatan kemampuan hasil belajar mata pelajaran IPA materi sumber energi dan kegunaannya melalui metode paor check pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Muara Padang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dan Kegunaannya Melalui Metode Pair Check Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Muara Padang.Penelitianinidilatarbelakangi oleh berawal dari Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapanmenggunakanmetodepaircheckdalampelaksanaanPembelajaranIPA.Tujuandalampenelitianiniadalah1)Mengetahuipenerapan metodepair check mata pelajaran IPA materi sumber energi dan kegunaannya siswa Kelas di SD Negeri 4 Muara Padang. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas IV di di SD Negeri 4 Muara Padang Dengan Menggunakan metode pair check. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianiniadalahPenelitianTindakan Kelas dengan menggunakan Kurt Lewin yang tiap siklus terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4)Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian Pada pelajaran IPA di kelas IV diketahui Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 69 dan diketahui pada analisis prasiklus dari 24 peserta didik hanya 35% yang tuntas. Kemudian pada siklus 1 masih ditemukan kekurangan-kekurangan yang dilakukan peneliti, tapi ketuntasan atau keberhasilan peserta didik terjadi kenaikan menjadi 65%. Pada siklus ke 2 kekurangan seperti di siklus 1 tidak terjadi lagi dan peneliti dapat melakukan perbaikannya sehingga peserta didik bisa mencapai keberhasilannya sampai dengan 90%.. Dengan demikiandapat disimpulkanbahwa:Penerapanmetodepembelajaran pair check berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas dengan KKM 69. Kata Kunci:hasilbelajar,sumber energi,pair check

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar,sumber energi,pair check
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item
View Item