Search for collections on Karya Ilmiah

GAYA KOMUNIKASI PERTEMANAN GENERASI MILENIALDENGAN GENERASI Z(STUDI DESKRIPTIF PADA PENGGUNA MEDIA ONLINE)

MOCHAMAD AFDAN RIFKI (2022) GAYA KOMUNIKASI PERTEMANAN GENERASI MILENIALDENGAN GENERASI Z(STUDI DESKRIPTIF PADA PENGGUNA MEDIA ONLINE). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi milenial menjadi tolok ukur berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, Generasi milenial sudah mulai akrab dengan penggunaan dan pemanfaatan komunikasi, media dan teknologi digital. Sedangkan generasi Z lahir setelah generasi milenial. Pada dua era ini, terjadi perubahan signifikan perilaku komunikasi antara generasi milenial dengan generasi Z. Perubahan ini dapat ditemukan dalam kehiduan sehari-hari, misal kurangnya interaksi dengan lingkungan sekitar karena kehadiran gawai. Mereka sibuk bersosial media sampai lupa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku komunikasi pada generasi milenial dan generasi Z di Komplek PU Pengairan dan hilangnya esensi main bersama teman atau sosialisasi tatap muka yang terjadi. Adapun teori yang digunakan yaitu media baru, komunikasi generasi milenial, komunikasi generasi Z, perilaku komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis perubahan perilaku pada generasi milenial dan generasi Z berjumlah 6 orang informan, dari masing-masing generasi milenial dan generasi Z sebanyak 3 orang informan. Hasil penelitian ini membuktikan perubahan perilaku komunikasi dalam konteks pertemanan pada generasi milenial dan generasi Z antara lain dari komunikasi tatap muka menjadi virtual, intensitas penggunaan gawai yang berlebihan dibanding berinteraksi sosial, dan cenderung tidak fokus ketika sedang berinterkasi. Dalam penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena atau gejala komunikasi di era digital yang dialami oleh generasi milenial dan generasi Z tidak jauh berbeda, gawai menjadi faktor utama dalam merubah perilaku komunikasi yang semula komunikatif menjadi pasif, sehingga komunikasi tidak interaktif atau tidak berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Generasi Milenial, Generasi Z, Media Sosial
Subjects: Program Studi > 72 Ilmu Komunikasi-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item
View Item