Search for collections on Karya Ilmiah

LAYANAN PUBLIK BERORIENTASI WISATA SEJARAH

RAHMADI BUDI HARTOMO (2022) LAYANAN PUBLIK BERORIENTASI WISATA SEJARAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPemerintah Kota Yogyakarta menginisiasi program Bus Jogja Heritage Track (JHT), sebagai bentuk layanan publik berorientasi wisata sejarah. Masyarakat dapat memanfaatkan sarana transportasi bus JHT untuk mengunjungi tempat-tempat terkait dengan sumbu filosofis Yogyakarta, yang merupakan konsep tata ruang Sri Sultan HB I, yang sarat dengan makna dan filosofi kehidupan. Tulisan ini memberikan gambaran tentang Bus JHT dan program yang ditawarkan, namun juga mengkaji tantangan yang ada. Tulisan ini berbasiskan penelitian pustaka dengan analisis data-data sekunder yang dilakukan terhadap hasil penelitian ataupun kajian terdahulu tentang topik terkait. Pengumpulan data juga dilakukan dengan wawancara kepada pengguna Bus JHT. Hasilnya memberikan gambaran terhadap program, makna, dan kemudahan akses, cara reservasi, dan jalurjaluralternative yang dapat dipilih. Program yang diinisiasi dinas kebudayaan pemerintah Kota Yogyakarta diapresiasi oleh masyarakat, terlihat dari animo yang tinggi. Keterbatasan armada mengharuskan pengguna melakukan reservasi lebih awal, melalui aplikasi online. Sebagai program yang belum lama berlangsung, sosaialisasi perlu lebih digencarkan agar masyarakat luas mengenal dan dapat memanfaatkannya. Berbagai tantangan menuntut pengkajian dan perbaikan berkelanjutan untuk menjaga keberlangsungan program.ABSTRACTThe Yogyakarta City Government plans to make the bus of Jogja Heritage Track (JHT) as a program of a historical tourism-oriented public service. The society can take advantage of the JHT bus facility to visit the philosophical places in Yogyakarta (the spatial concept of Sri Sultan HB I) which is full of meaning and philosophy of life. This article not only provides an overview of the JHT bus and the programs offered, but also examines the existing challenges. This article is conducted based on literature research with secondary data analysis carried out on the research or previous studies. The data collection technique was carried out by interviewing JHT bus users. The results show an overviewand meaning of the program, the ease of access, how to reserve, and alternative routes that can be chosen. The program initiated by the Yogyakarta City Government Cultural Service was appreciated by the society in the form of the high interest of the program. The limited of the bus make the users have to reserve the ticket through an online application. As a new program, the information needs to be spread to the society to help them take advantages. Various challenges need continuous assessment and improvement to maintain the sustainability of the program.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: layanan publik, Program Bus JHT, Wisata sejarah.Keywords: public service, JHT Bus Program,
Subjects: Program Studi > 50 Ilmu Administrasi Negara-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item
View Item