Search for collections on Karya Ilmiah

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT REKSA WALUYO BERDASARKAN METODE SERVQUAL DAN IPA

MOCHAMAD HAFID MARDIANSYAH (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT REKSA WALUYO BERDASARKAN METODE SERVQUAL DAN IPA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan adalah suatu bentuk perilaku baik yang berwujud maupun tidak berwujud yang ditujukan kepada pelanggan untuk secara langsung memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga permasalahan pelanggan dapat diselesaikan. Sebagai penerima pelayanan medis, pasien harus mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai dengan harapannya terhadap realitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Sebagai salah satu pelayanan publik bidang kesehatan yang hadir ditengah-tengah masyarakat dan merupakan Rumah Sakit yang berada di bawah naungan dari Yayasan Kesehatan Gereja Kristen Jawi Wetan yang berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan. Pengukuran tingkat kepuasan pasien di rumah sakit dilakukan untuk mengukur kinerja layanan yang diberikan. Dalam mengukur tingkat kepuasan pada periode 29 Oktober sampai dengan 4 November 2022 (satu minggu) di rumah sakit Reksa Waluya, itu melibatkan 108 pasien baik dari rawat jalan dan rawat inap. Untuk teknik yang digunakan ialah pengumpulan data dengan sampel acar berdasarkan survei langsung kepada pasien ataupun keluarga pasien. Dengan menggunakan metode Servqual Importance Performance Analysis (IPA), 32 atribut pertanyaan dikelompokkan menjadi 5 dimensi sebagai cara mengukur keseluruhan tingkat kinerja pelayanan sesuai dengan harapan dengan skor kesenjangan tingkat kepuasan 0,11 dengan tingkat kepuasan pasien (Q) 1,03. Dalam dimensi skor kesenjangan adalah 0,31 untuk dimensi Daya Tanggap (Responsiveness), 0,16 untuk dimensi Jaminan (Assurance), 0,10 untuk dimensi Empati (Empathy), 0,03 untuk dimensi Bukti Fisik/Berwujud (Tangible), dan 0,01 untuk dimensi Keandalan (Reliability). Meskipun pada tingkat kesesuaian harapan dan kinerja setelah dianalisis menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Penentuan prioritas perbaikan perlu dilakukan untuk mengetahui dari 32 atribut yang dilakukan pengukuran, kemudian atribut mana saja yang berpengaruh signifikan pada tingkat kualitas pelayanan, sehingga perlu diprioritaskan untuk segera diperbaiki. Diagram Cartesius digunakan dalam penentuan prioritas, dengan titik tengah atau sumbu x adalah hasil rata-rata pengukuran kinerja , dan untuk sumbu y adalah hasil rata-rata pengukuran harapan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perlu dilakukan: meningkatkan kinerja atribut pelayanan, terutama yang dalam dimensi Keandalan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: : kualitas pelayanan, pelayanan rumah sakit, tingkat kepuasan, Servqual, Metode Importance Performance Analysis (IPA).
Subjects: Program Studi > 54 Manajemen-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item