KEVIN FARESSA (2022) Straregi Mempertahankan Konsumen Dalam Mewujudkan Kepuasan Pelanggan Pada Salon Kecantikan Alisha Beauty Studio. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKUntuk mempertahankan konsumen pada suatu bisnis atau perusahaan, pelaku bisnis bisa menggunakan berbagai macam strategi. Strategi mempertahankan konsumen yang baik akan berakibat pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh sangat penting bagi perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaan, konsumen yang puas pasti akan melakukan pembelian ulang atau menggunakan kembali suatu layanan yang disebut dengan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi atau upaya yang dilakukan oleh salah satu bisnis yang bergerak dibidang jasa yaitu salon kecantikan Alisha Beauty Studio. Salon kecantikan adalah bentuk usaha yang menawarkan perawatan seluruh tubuh dari rambut, wajah, tangan hingga kaki. Konsumen yang datang ke salon kecantikan tentu mempunyai keinginan untuk mempercantik diri. Sebagai penyedia layanan jasa salon kecantikan agar bisnisnya tetap bertahan dan diminati pelanggan tentunya harus berusaha untuk mempertahankan konsumen serta mendapatkan loyalitas pelanggan dengan berbagai upaya untuk mewujudkan keinginan tersebut yaitu pemenuhan kebutuhan akan kecantikan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif. Data data dan sumber informasi penelitian yang dilakukan diperoleh melalui wawancara, observasi dokumentasi, wawancara dilakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan terhadap pemilik sekaligus pengelola salon kecantikan Alisha Beauty Studio, observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi serta melakukan pengamatan pada sosial media yang dimiliki Alisha Beauty Studio, dokumentasi dilakukan dengan pemotretan beberapa objek pada lokasi penelitian. Strategi mempertahankan konsumen dalam mewujudkan kepuasan pelanggan pada salon kecantikan Alisha Beauty Studio. Strategi yang dilakukan yaitu fokus pada strategi kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap dimensi kepuasan pelanggan meliputi tangible, responsiveness, reability, assurance dan emphaty. Penelitian ini fokus terhadap strategi mempertahankan konsumen dalam mewujudkan kepuasan pelanggan di era persaingan bisnis yang sangat ketat.ABSTRACTTo retain consumers in a business or company, business people can use various strategies. A good consumer retention strategy will result in customer satisfaction. Customersatisfaction is very important for the development and survival of the company, satisfied consumers will definitely make repeat purchases or reuse a service which is called customer loyalty. This mini research aims to find out the strategies or efforts made by a business engaged in the service sector, namely the beauty salon Alisha Beauty Studio. Beauty salon is a form of business that offers full body care from hair, face, hands to feet. Consumers who come to beauty salons certainly have a desire to beautify them selves. As a provider of beauty salon services, so that the business survives and is in demand by customers, of course, they must try to retain consumers and gain customer loyalty with various efforts to realize this desire, namely fulfilling the need for beauty. The research was conducted using a qualitative research method approach. Data and sources of research information were obtained through interviews, observation documentation, interview were conducted by asking several questions to the owner and manager of the Alisha Beauty Studio beauty salon, observations were made by observing directly to the location and making observations on social media owned by Alisha Beauty Studio, documentation was carried out by shooting several objects at the research location. Strategies to retain consumers in realizing customer satisfaction at Alisha Beauty Studio beauty salons. The strategy undertaken is to focus on the service quality strategy that influences the dimensions of customer satisfaction including tangible, responsiveness, reliability, assurance and empathy. This research focuses on strategies to retain consumers in realizing customer satisfaction in an era of very tight business competition.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Strategi,loyalitas,kepuasanKeywords : Strategy,loyalty,satisfaction |
Subjects: | Program Studi > 54 Manajemen-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/611 |