Search for collections on Karya Ilmiah

Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan Publik(Studi Pada Desa Semuntai Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser)

MUHAMMAD NATSIR ABBAS (2022) Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan Publik(Studi Pada Desa Semuntai Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya pengetahuan masyarakat di Desa Semuntai Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser terkait kelengkapan berkas dalam permohonan pelayananberimplikasi pada terhambatnya proses pelayanan publik yang menyebabkan masyarakat harus bolah balik untuk melengkapi kekurangan berkas yang dibutuhkan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Semuntai Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini melakukan wawancara kepada pegawai Desa Semuntai Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser dan masyarakat. Peneliti juga melakukan observasi dan pengambilan dokumentasi terkait dengan fokus penelitian. Peneliti menganalisa data menggunakan teknik reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merujuk pada 2 (dua) dimensi yang digunakan dalam menganalisis kinerja pegawai, pada dimensi yang berkaitan dengan diri sendiri, kinerja pegawai Desa Semuntai terdapat ketidaksesuaian penempatan pegawai sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki, keterampilan pegawai dalam bekerja cenderung cukup baik terutama dalam bidang Penguasaan teknologi komputer, internet, dan sistem, Keterampilan dalam mengolah data pembukuan, dapat memahami karakter masyarakat, dan berbicara didepan umum, aspek kedisiplinan pegawai menunjukkan adanya kurang disiplinnya pegawai karena sebagian pegawai belum komitmen terhadap jam kantor, namun pegawai memiliki upaya pribadi dalam meningkatkan kualitas kerja dengan mau mengikuti kegiatan bimbingan teknis dan workshop, sedangkan dari aspek ketekunan sudah baik karena pegawai tekun dalam menyelenggarakan tugas pokok dan fungsinya. Sementara itu, dimensi yang berkaitan dengan pekerjaan, diketahui bahwa pada aspek penghematan biaya telah dilakukan oleh aparatur Desa Semuntai, namun pada aspek ketepatan waktu dalam bekerja masih kurang baik, terkait penguasaan teknologi sudah cukup baik namun dukungan sarana dan prasana masih kurang memadai. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kinerja pegawai Desa Semuntai termasuk dalam kategori cukup baik karena beberapa aspek kinerja perlu ditingkatkan yaitu aspek kedisiplinan, aspek keterampilan, aspek ketepatan waktu dalam bekerja, dan aspek penyediaan sarana prasarana pendukung.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pegawai, Pelayanan Publik
Subjects: Program Studi > 71 Ilmu Pemerintahan-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:46
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item
View Item