ANDIA PRASELA RISKI (2022) Strategi Pemerintah Kecamatan Gemawang dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian melalui Pemberdayaan Masyarakatdi Sekolah Kopi Gemawang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya potensi daerah di Kecamatan Gemawang yang tidak dikembangkan secara maksimal. Kondisi tersebut mendorong Pemerintah Kecamatan Gemawang menginisiasi berdirinya Sekolah Kopi Gemawang sebagai pusat pemberdayaan masyarakat yang memfokuskan generasi milenial dan petani kopi melalui pembelajaran dan pelatihan di sub sektor kopi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai strategi Pemerintah Kecamatan Gemawang dalam memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan potensi lokal, sebagai wujud upaya meningkatkan perekonomian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari analisis kualitatif adalah untuk mendiskripsikan mengenai strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Gemawang dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Sekolah Kopi dalam memajukan perekonomian daerah melalui potensi lokal yaitu komoditas kopi. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi, informan dalam penelitian ini yaitu Camat Gemawang, devisi bisnis, dan peserta Sekolah Kopi Gemawang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdirinya Sekolah Kopi Gemawang mampu meningkatkan motivasi generasi muda dan masyarakat lainya dalam mengelola potensi daerah melalui strategi yang tepat guna, sehingga mampu menghasilkan produk yang unggul dan perekonomian masyarakat dapat meningkat dari tahun sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kopi, Pemberdayaan, Perekonomian, Sekolah Kopi Gemawang. |
Subjects: | Program Studi > 50 Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/567 |