JULIANA PUTRI UTAMI (2022) FENOMENA KPOP DI INDONESIA (KAJIAN PERUBAHAN SOSIAL GENERASI Z DI MEDIA SOSIAL TWITTER). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh twitter yang dampaknya sangat dirasakan oleh Generasi Z sebab dalam satu platform digital tersebut, mereka dapat membentuk Komunitas. Komunitas itu digunakan untuk saling berbagi informasi, berinteraksi satu sama lain, ataupun berbagi foto maupun video. Hal ini terlihat dengan bagaimana Komunitas Kpopers semakin menjamur di Twitter. Dalam Komunitas Kpopers itu banyak Generasi Z yang berkumpul dan membahas Boyband atau Girlband kesukaan mereka. Dengan adanya Komunitas Kpopers di Twitter tersebut membawa dampak bagi Generasi Z. Tujuan dari Karya Ilmiah ini adalah agar kita mengetahui seberapa berpengaruhnya Twitter terhadap Perubahan Sosial pada Generasi Z dalam Komunitas Kpopers. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengumpulkan, mencatat, dan mengolah data dari berbagai jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukan Twitter memiliki pengaruh besar termasuk dampak positif dan negatif terhadap Generasi Z yang menggemari Kpop dalam Komunitas Kpopers. Dampak positifnya ialah Generasi Z dengan mudah mendapatkan informasi seputar Kpop. Tak hanya itu, mereka saling berbagi foto ataupun video dengan Kpopers lainnya, hingga berinteraksi satu sama lain. Sedangkan dampak negatifnya, memicu Generasi Z untuk melakukan fanwar atau saling menghina idola satu sama lain dan menganggap jika idola mereka yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Komunitas Kpopers, Pengaruh Twitter |
Subjects: | Program Studi > 70 Sosiologi Sl |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/547 |