Search for collections on Karya Ilmiah

PEMANFAATAN FITUR TOPADS TOKOPEDIA BAGI SELLER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN

HELSYA SUHESTI (2022) PEMANFAATAN FITUR TOPADS TOKOPEDIA BAGI SELLER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKFitur Topads Tokopedia merupakan fitur promosi toko dan produk yang dapat digunakan oleh seluruh merchant Tokopedia. Dengan fitur ini, merchant Tokopedia dapat mempromosikan produk yang di miliki kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung katagori produk yang di promosi. Fitur ini hanya dapat diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App. Dengan fitur Topads yang diberikan oleh Tokopedia diharapkan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh merchant Tokopedia dapat berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga dapat menguntungkan bagi mitra Tokopedia. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pemanfaatan fitur Topads Tokopedia oleh toko Amefurasi dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa salah satunya mitra dari Tokopedia yang memanfaatkan TopAds adalah Toko Amefurashi, toko ini memanfaatkan fitur tersebut dalam komunikasi pemasaran produk yang ditawarkan kepada konsumen, komunikasi pemasaran tersebut dilakukan dengan melakukan berbagai macam promosi seperti promosi paket hemat untuk untuk pembelian berbagai jenis bibit tanaman sayuran serta tanaman bunga, mengiklankan produk, melakukan diskon produk, konsumen juga dapat menggunakan fitur cicilan 0% dari berbagai bank dan fitur Bebas Ongkir di Toko Amefurashi. Hal ini bertujuan untuk menarik minat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di toko Amefurashi.ABSTRACTThe Tokopedia Topads feature is a store and product promotion feature that can be used by all Tokopedia merchants. With this feature, Tokopedia merchants can promote their products at any time with fees starting from IDR 250, IDR 300 and IDR 350 depending on the product category being promoted. This feature can only be accessed through the desktop version of Tokopedia and the Seller App. With the Topads feature provided by Tokopedia, it is hoped that marketing communications carried out by Tokopedia merchants can run effectively and efficiently, so that it can be profitable for Tokopedia partners. The purpose of this research is to find out and analyze how the Topads Tokopedia feature is utilized by the Amefurasi store in marketing communications. This research uses a descriptive qualitative method, with a case study approach. Data collection techniques used in this study were observation and interview techniques. The data analysis technique used in this study is source triangulation. The results of the study state that one of the partners from Tokopedia that utilizes TopAds is Toko Amefurashi, this shop utilizes this feature in product marketing communications offered to consumers, marketing communications are carried out by carrying out various kinds of promotions such as saving package promotions for purchasing various types of plant seeds vegetables and flower plants, advertise products, conduct product discounts, consumers can also use the 0% installment feature from various banks and the Free Shipping feature at Amefurashi Stores. This aims to attract consumer interest in making purchasing decisions at Amefurashi stores.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemanfaatan, Fitur, Topads, Tokopedia, Seller, Komunikasi/Keywords: Utilization, Features, Topads, Tokopedia, Seller, Communication
Subjects: Program Studi > 72 Ilmu Komunikasi-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:43
Last Modified: 07 Dec 2023 07:43
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item