MARADONA INDRA NUSANTARA SIREGAR (2022) STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA INSTAGRAM & FACEBOOK UNTUK KEGIATAN PURNA JUAL PADA PT EPSON INDONESIA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada saat ini, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat, termasuk di Indonesia. Selain Facebook, media yang sangat populer dan tumbuh dengan cepat adalah Instagram. Jejaring sosial Instagram dan Facebook menjadi pilihan para Perusahaan yaitu salah satunya PT Epson Indonesia, dalam melakukan aktivitas promosi, komunikasi, serta memberikan infromasi dan edukasi. Dalam hal ini Perusahaan memanfaatkan Instagram dan Facebook untuk memberikan informasi terkait dengan aktivitas purna jual dari produk Epson di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi komunikasi PT Epson Indonesia dalam memberikan informasi terbaru seputar produk, teknologi, aktivitas, dan seputar event Epson Indonesia melalui Instagram dan Facebook. Contohnya saat ini PT Epson Indonesia sedang membuat kampanye portal MyEpson, dimana portal ini akan dipromosikan di Instagram dan Facebook dari PT Epson Indonesia (@EpsonIndonesia). Portal MyEpson merupakan sebuah portal lengkap yang memungkinkan para konsumen dari produk Epson mengakses layanan purna jual serta menikmati banyak keuntungan dari keanggotaan MyEpson. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu terdiri dari observasi dan pengambilan data perusahaan, serta wawancara tidak terstruktur. Metode studi kasus untuk memperoleh hasil secara mendalam. Teknik analisis datanya adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang berusaha menemukan makna, dan memperoleh pengertian serta pemahaman yang mendalam, dan berguna untuk mengembangkan teori dengan yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pesan dan strategi media yang digunakan Epson Indonesia dalam memberikan informasi terkait dengan produk, teknologi, aktivitas, event dan promosi. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah followers, likes, Comment pada akun Instagram dan Facebook @EpsonIndonesia yang signifikan dan efek pesan yang disampaikan telah mengubah tindakan followers, yaitu para followers banyak yang mengikuti promo-promo, aktivitas dan event-event yang diselenggarakan @EpsonIndonesia termasuk untuk kegiatan purna jual pada portal MyEpson.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20222 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Facebook, Instagram, MyEpson, Purna Jual, Epson Indonesia |
Subjects: | Program Studi > 72 Ilmu Komunikasi-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:44 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/434 |