DEWI SHINTA MUNTHE (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara T.P 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui desain pembelajaran dan upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan meneraokan metode diskusi di Kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya. PKP sama halnya dengan PTK yang merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah: Dimana pada prasiklus, dari 20 siswa 7 siswa (35%) yang tuntas dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa (65%) dengan rata-rata hasil belajar pada prasiklus sebesar 55,60% Selanjutnya pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan metode diskusi siklus I, dari 20 siswa 14 siswa (70%) yang tuntas dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (30%) dan rata-rata kelas 71,45 pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus II, yang tuntas adalah 18 siswa (90%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (10%) dengan rata-rata hasil tes belajar 84,50. Dari temuan penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan dengan metode diskusi di Kelas IV SD Negeri 117863 Rimbaya meningkat dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa secara signifikan dan hasil belajar menjadi optimal dengan adanya metode diskusi dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | bahasa indonesia, diskusi, hasil belajar, |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4183 |