Search for collections on Karya Ilmiah

PERBAIKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MELALUI MODEL PBL MATERI MEMBUAT PANTUN DI KELAS IV SDN 115509 SIMPANG MARBAU

LIISMAWATI (2023) PERBAIKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MELALUI MODEL PBL MATERI MEMBUAT PANTUN DI KELAS IV SDN 115509 SIMPANG MARBAU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil pembelajaran yang dilakukan di SDN 115509 Simpang Marbau dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesi dengan materi membuat pantun, permasalah yang selama ini dihadapi siswa tidak fokus dalam mengikut pembelajaran, anak-anal selalu bermain dikelas dan ribut jika guru menjelaskan materi didalam kelas, ada beberapa siswa yang sering kali mengganggu temannya yang lagi mengerjakan tugas pelajaran, jika guru memberi kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan siswa banyak yang diam, selesai menjelaskan biasanya saya memberikan tugas berupa soal-soal untuk dikerjakan siswa. Tujuan dari perbaikan pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran PBL pada materi Pristiwa terjadinya Membuat Pantun kelas IV SDN 115509 Simpang Marbau. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di sekolah SDN 117512, waktu pelaksanaan bulan April s/d Mei tahun pelajaran 2022-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode PBL. Adapun temuan penelitian ini adalah: 1) Perbaikan pembelajaran siklus I ditemukan kelemahan saat simulasi perbaikan pembelajaran yang teridentifikasi yaitu: a) Pembelajaran masih berpusat pada siswa. b) Pada penjelasan LKS Terlalu panjang memakan durasi cukup panjang. Terkesan terlalu banyak ceramah.. c)Tidak ada kesimpulan. Kelebihan saat simulasi perbaikan pembelajaran yang teridentifikasi yaitu: a)Awalnya sudah baik sudah ada Apersepsi; b) ) sudah ada motivasi; c) Ada nya tujuan pembelajaraan; d) menggunakan media dan LKS pembelajaran; e) ) penggunaan 5M sudah terlihat, 2) Perbaikan pembelajaran siklus II ditemukan kelemahan saat simulasi perbaikan pembelajaran yang teridentifikasi yaitu: a)Tidak adakesimpulan dan tidak menyimpulkan; b). Kelebihan saat simulasi perbaikan pembelajaran yang teridentifikasi yaitu: a) Kegiatan inti menggunakan media bagus; b) sentifik nya dapat mulai dari mengamati, menanya, mengolah data, mengumpulkan data; c) mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PBL, Bahasa Indonesia, Membuat Pantun
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item
View Item