MILUANNA DAMANIK (2023) Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam KemampuanMengenal Bangun Ruang Siswa SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 091605 Dolok Kahean pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan Bangun Ruang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2022 dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 091605 Dolok Kahean dengan jumlah siswa 11 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa khususnya pada materi Bangun Ruang mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pra siklus 68,31 meningkat menjadi 74,13 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,63. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan perbaikan, siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Setelah diberikan tindakan perbaikan, siswa terlihat lebih aktif. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran alat peraga pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga, kemampuan mengenal bangun ruang |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4165 |