Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA KELUARGAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS I SD

DESI WARDHANI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA KELUARGAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS I SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 SD pada UPTD SDN 121313 Pematang Siantar pada tema keluargaku subtema anggota keluarga. Berdasarkan hasil kegiatan prasiklus, dari 12 siswa, hanya 8 siswa yang tuntas pada mata pelajaran PPKn dan 9 Siswa pada mata pelajaran Matematika. Metode yang gunakan pada penelitian ini merupakan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD UPTD SDN 121313 Pematang Siantar yang terdiri dari 12 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Penerapan model kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 78 dan meningkat menjadi 85 pada siklus II. Sedangkan pada hasil observasi siwa pada siklus I yaitu 79,5 dan meningkat menjadi 81,8 pada siklus II. Hasil belajar pada Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluarga melalui penerapan model kooperatif Think Pair Share (TPS) mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mata pelajaran PPKn pada prasiklus sebesar 63,7 dengan persentase 51,9%, pada siklus I menjadi 65,5 dengan persentase 62,9%, dan meningkat menjadi 77,9 dengan persentase 77,8% pada siklus II. Pada mata pelajaran Matematika juga mengalami peningkatan yakni pada prasiklus sebesar 66,7 dengan persentase 55,6%, pada siklus II menjadi 68,4 dengan persentase 59,3%, dan meningkat menjadi 77,5 dengan persentase 77,8% pada siklus II. Setelah siklus II semua peserta didik telah mencapai nilai KKM yaitu nilai 70, sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus II. Melalui pembelajaran kooperatif tipe (TPS) Think Pair Share dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan respon siswa khususnya pada pembelajaran PKn. Langkah-langkah TPS meliputi, berpikir (Think), berpasangan (Pair), dan berbagi (Share). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sangat disarankan dalam pembelajaran tematik kjususnya Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluarga.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Tematik, Model Kooperatif tipe TPS
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item
View Item