RISNANDA RAHAYU (2023) PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAPHASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGANHEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYAPADA SISWA KELAS V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDNegeri 095213.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswakelas V SD Negeri 095213 Sipongah pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenismakanannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan kelas melalui penggunaan metode example non example. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 095213 Sipongah yang berjumlah 7 orang siswa, yang terdiri dari 1 laki-laki dan 6perempuan. Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 25 April 2023 dan pada siklus 2 pada tanggal 9 mei 2023. Hasil penelitian ini focus pada metode example non example yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas V SDN 095213 Sipongah. Berdasarkan penelitian tersebut dapat dilihat bahwa dengan menggunakan metode example non example dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 095213 Sipongah. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pada siklus 1 yaitu dengan rata- rata diperoleh 78,6 % dan persentase klasikal yang diperoleh sebesar 71,4 %dan kemudian meningkat pada siklus 2 dengan memperoleh rata-rata sebesar 87,9 denganpersentase klasikal sebesar 85,7 %
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Example Non Example |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4156 |