LISBET PANGARIBUAN (2023) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAPPENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERIPECAHAN KELAS IV SDN 175811 PANGOMBUSAN TAHUNPELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan diKelas IV SD Negeri 175811 Pangombusan dengan menerapkan model Make a Match danMedia Kartu Domino Pintar. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri175811 Pangombusan yang terdiri dari 23 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan yaitupenelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran kooperatiftipe make a match yang dilaksanakan dengan menyiapkan kartu pasangan. Masingmasing kelompok membagikan kartu kepada siswa, siswa mengerjakan soal pada kartupasangan, siswa mencari kartu pasangannya, siswa mengumpulkan kartu pasangan, danmendiskusikan hasil kartu pasangan siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa. . Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajardan hasil tes evaluasi.Nilai rata-rata hasil belajar siswa Pada siklus I meningkat dari60.00 menjadi 70.00. Selanjutnya Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalamipeningkatan dari 70.00 menjadi 85.00. Rata-rata nilai hasil belajar telah mencapai kriteriaketuntasan minimal (KKM) yaitu 75% dari siswa telah memperoleh nilai ≥ 70.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | make a match, prestasi belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4151 |