Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Diskusi Siswa Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Media Quizizz Siswa Kelas 4 SD

DEMINSHEN HERIYANTO (2023) Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Diskusi Siswa Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Media Quizizz Siswa Kelas 4 SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kegiatan universal dalam kehidupan manusia. Proses pembelajaran yang baik tentunya tidak terlepas dari peran serta guru yang mengelola model pembelajaran di dalamnya. Salah satu model pembelajaran yaitu Model Kooperatif Think Pair Share dengan metode diskusi. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan diskusi IPA pada siswa kelas 4 SD Methodist Perbaungan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan observasi serta tahap refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media quizizz pada siklus I dari 7,88 menjadi 8,57 pada siklus II. 2) keaktifan diskusi siswa pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan persentase pada siklus I sebesar 80% menjadi 90 % pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan keaktifan diskusi siswa mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keaktifan diskusi, think pair share
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4146

Actions (login required)

View Item
View Item