VALIA PRASTICA KALANGI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV SD di Kabupaten Minahasa melalui penerapan metode pembelajaran eksperimen. Tindakan penelitian ini dilakukan mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kabupaten Minahasa yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran eksperimen terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Berdasarkan penelitian, hasil belajar IPA melalui penerapan metode pembelajaran eksperimen siswa kelas IV SD di Kabupaten Minahasa mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus yaitu 7 siswa dengan presentase 31,81%, kemudian terjadi sedikit peningkatan pada siklus I yaitu 14 siswa dengan presentasi 63,63% dan pada Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 21 siswa dengan presentase 95,45%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gaya dan gerak.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran eksperimen, hasil belajar IPA |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4144 |