Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI KELAS V SDN 2 AMBEKAIRI

NURHAYATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI KELAS V SDN 2 AMBEKAIRI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran di SD yang dipelajari agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan dan penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Karena rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran ini khususnya materi alat pernafasan pada manusia, maka penulis melakukan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dilakukan melalui PTK dengan tiga siklus pembelajaran. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Ambekairi semester II tahun pelajaran 2022/2023 pada siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 8 perempuan dan 8 laki-laki.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi alat pernafasan pada manusia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data yang dikumpulkan, pada kegiatan pembelajaran pra siklus hanya 5 orang yang memperoleh nilai ≥ KKM. Hasil belajar siswa terus meningkat pada siklus I, II, dan siklus III hanya 2 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas 82,12. Persentase ketuntasan siswa meningkat, dari 31,25% pada kegiatan pembelajaran pra siklus menjadi 87,5% pada perbaikan pembelajaran siklus III. Dari data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Ambekairi pada materi alat pernafasan manusia. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi alat pernafasan pada manusia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: STAD, HASIL BELAJAR
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item
View Item