Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITARKU SISWA KELAS V SD QISWA AN - NAFI KABUPATEN MUNA

ALI MASTAFA (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITARKU SISWA KELAS V SD QISWA AN - NAFI KABUPATEN MUNA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh aktivitas mengajar guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara serta aktifitas siswa serta untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Tema 9 Benda-Benda Di Sekitarku Kelas di kelas V SD Qiswa An-Nafi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas V SD Qiswa An-Nafi, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas V SD serta untuk mengetahui peningkatan hasil keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas V SD Qiswa An-Nafi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Qiswa An-Nafi yang terdiri dari 17 orang. Prosedur dalam penelitian ini yaitu : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diambil melalui lembar observasi dan data kuantitatif diambil melalui hasil belajar siswa. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat persentase ketuntasan 70,58% atau 12 orang siswa dan presentase yang tidak tuntas ada 29,41% atau 5 orang siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 63,64 dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 94,11% atau 16 orang siswa dan presentase yang tidak tuntas 5,88% dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 80,82. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada tema 9 Benda- benda disekitarku di SD Qiswa An-Nafi

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Jigsaw: Keterampilan Berbicara
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item
View Item