Search for collections on Karya Ilmiah

Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Di Kelompok A TK Negeri Serambakon.

DEMIANA ASEMKI (2023) Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Di Kelompok A TK Negeri Serambakon. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian di TK Negeri Serambakon pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian sebanyak 20 anak. Tujuan yang akan dicapai kemampuan penguasaan kosakata kelompok A di TK Negeri Serambakon. Pelaksanaansiklus 1 dalam penelitian tindakan kelas (PTK) diawali dengan refleksi awal saat pembelajaran persiklus. Dari hasil refleksi di temukan beberapa masalah pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Penguasaan Kosakata dapat mempengaruhi kemampuan anak bercerita, membaca, dan menulis. Ragam kata yang dimiliki anak merupakan salah satu bentuk kekayaan bahasa yang dicapai seorang anak untuk menuangkan bahasanya dalam bahasa tulisan, dan verbal. Perencanaan merupakan tahapan awal setelah menemukan masalah dalam refleksi. Langkah selanjutnya tahapan yaitu tahap pelaksanaan, merupakan proses perbaikan pembelajaran. Pengamatan adalah langkah ketiga dari PTK untuk mengetahui hasil perbaikan. Tahap terakhir adalah refleksi dengan mengetahui kelemahan dalam kegiatan perbaikan melalui pengamatan.Setelah mengetahui hasil dari perbaikan pembelajaran, peneliti melanjutkan kembali pada siklus 2. PTK ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan fokus penelitian penggunaan mediaa flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata. Data dikumpulkan saat pengamatan berupa foto dan dokumen kegiatan perbaikan pembelajaran penguasaan kosakata. Tahap prasiklus anak yangmencapai perkembangan sesuai harapan 1 siswa atau 6,67% siswa, MB atau 86,67% serta 6,67% dalam kriteria BB, peningkatan terjadi pada kegiatan perbaikan siklus 1 meningkat menjadi 9 anak atau 60% pada pelaksanaan pembelajaran siklus 1, dengan penjelasan 1 anak dalam kriteria BSB atau 6,67%, dan 8 anak dalam kriteria BSH atau 53,33% dan meningkatmenjadi 93,33% dengan jumlah 14 siswa siklus kedua dengan penjelasan 7 mencapai hasil belajar BSB atau 46,67%, dan 7 siswa atau 46,67% dapat mencapai 93,33% dari 15 siswa. Berdasarkan hasil tersebut penelitian ini menunjukkan bahwa media flashcard yang digunakan dapat memperkaya penguasaan kosakata anak kelompok A di TK Negeri Serambakon semester 2 tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kosakata, media pembelajaran, flaschcard.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item
View Item