Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PBL) pada siswa kelas 1 SD Inpres 008 Lilimori

DELFIANCE MCH (2023) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PBL) pada siswa kelas 1 SD Inpres 008 Lilimori. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Inpres 008 Lilimori melalui penerapan model project based learning (PBL). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Inpres 008 Lilimori yang berjumlah 21 siswa dengan rincian 15 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa : (a) test, dan (b) observasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap : (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi dan evaluasi dan (d) refleksi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa 1) penerapan model Project Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tubuh dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 1 SD Inpres 008 Lilimori yang ditandai dengan peningkatan rata-rata aktivitas pada siklus 1 sebesar 36,87% dan pada siklus II meningkat menjadi 48,84%. 2) Penerapan model Project Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tubuh dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Inpres 008 Lilimori yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 61,53% dan pada siklus II sebesar 96,15% dan peningkatan kategori hasil belajar pada siklus I sebesar 38,47% yang beada dalam kategori sedang dan siklus II sebesar 57,69% yang berada dalam kategori sangat tinggi. Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I nilai hasil belajar siswa belum ada peningkatan sementara pada siklus II nilai hasil belajar sudah meningkat. Hasil penelitian siklus I belum mencapai indikator kinerja. Tingkat hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 66,67. Pada siklus II diperoleh hasil tingkat keaktifan siswa yang mencapai 90% . Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 85,06%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Model Project Based Learning (PBL), hasil belajar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item
View Item