MUHAMMAD MIFTAKHUR ROZAQ (2023) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DI SDN 4 SUKAJAWA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kolaboratif Think Pair Share terhadap prestasi belajar pada motivasi belajar siswa kelas IV SDN 4 Sukajawa Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design yaitu. menggunakan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari 88 orang yang dipilih secara acak. Kuesioner tentang motivasi belajar dan pembelajaran sosial digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan analisis varians dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan (FA(numerik) = 9,119 > Ftabel = 3,96) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan model konvensional. (2) model pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh interaktif terhadap pembelajaran PKn siswa (FAXB(numerik) = 68,252 > Ftabel = 3,96). (3) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dan diajar dengan model Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan model tradisional (Qhitung = 12,22 > Qtabel = 2,94). (4) Hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah dan diajar dengan model tradisional lebih baik dibandingkan dengan model kolaboratif Think Pair Share (Qhitung = 4,90 > Qtabel = 2,94). Kata Kunci: Cooperative Think Pair Share, Pembelajaran PKn, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Cooperative Think Pair Share, Pembelajaran PKn, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4116 |