Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN KENCANA KECAMATAN TOBADAK KABUPATEN MAMUJU TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022-2023

NINGSWIDELI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN KENCANA KECAMATAN TOBADAK KABUPATEN MAMUJU TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di kelompok bermain yaitu bidang pengembangan kognitif yang dapat diperoleh melalui kegiatan berhitung, membilang, mengelompokkan, mengenal bentuk, mengenal konsep angka dan bilangan. Berdasarkan hasil observasi awal salah satu materi yang sulit dipahami oleh anak adalah kegiatan membilang. Peneliti hendaknya memiliki kemampuan untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Yang terjadi di Kelompok bermain Kencana masih banyak anak yang belum mengenal bilangan 1-10, disebabkan adanya keterbatasan alat peraga sehingga anak didik tidak memiliki ketertarikan terhadap kegiatan dan mudah bosan. Pemberian materi oleh guru menggunakan alat peraga atau media pembelajaran bertujuan agar anak lebih mudah memahami materi yang diberikan, salah satunya dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengenal konsep bilangan melalui metode bermain dan pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok bermain Kencana 1 Kabupaten Mamuju Tengah Tahun Pelajaran 2022-2023 dengan jumlah 10 anak terdiri dari 4 anak laki – laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I kemampuan kognitif anak sebesar 66,25%, hasil ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak. Maka, penelitian ini dilanjutkan pada siklus II.Kemampuan kognitif anak pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 77,91%. Untuk itu berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak di Kelompok bermain Kencana 1 Kecamatan Tobadak,Kabupaten Mamuju Tengah.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Permainan Kartu Angka, Mengenal Konsep Bilangan
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item
View Item