MERLINA PUTRI YUNIAR (2023) Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Materi Pecahan Menggunakan Alat Peraga Berupa Kertas Origami di SD Tara Salvia. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keefektifan penggunaan alat peraga pada proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dengan materi pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode library research dan pembelajaran matematika dengan alat peraga manipulatif. Metode library research merupakan metode dengan menggali proses pembelajaran matematika pada tingkat Sekolah Dasar berdasarkan teori. Lalu, membandingkan proses mengajar dengan hasil penelitian yang dilakukan sehingga mampu menemukan keefektifan dalam proses pembelajaran. Selain itu, pembelajaran matematika berbantu alat peraga manipulatif bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep, prinsip atau pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik dalam pendekatan saintifik serta pengembangan sikap. Penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika sangat penting dan dibutuhkan bagi peserta didik Sekolah Dasar. Hal tersebut dikarenakan peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar membutuhkan pembelajaran dari konkret menuju abstrak. Dalam Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 menyatakan bahwa proses pembelajaran disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Dengan demikian, konsep matematika akan lebih mudah dipahami dan mencapai tujuan pembelajaran pada pembahasan materi pecahan. Penggunaan alat peraga berupa kertas origami pada materi pecahan sangat efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | alat peraga dan materi pecahan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4096 |