NURLAELAH (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga pada Kelompok B di RA Nurul Muttaqin Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah Anak kurang tertarik dengan pembelajaran yang mengembangkan tentang kemampuan kognitif khususnya mengenal konsep bilangan dan masih ada yang yang belum mampu menyebut bilangan, membilang, mengeurutkan dan menghubungkan. Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi anak untuk belajar mengenai konsep bilangan dan meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok B RA Nurul Muttaqin.Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakkan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Nurul Muttaqin dengan. Obyek penelitian adalah kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan ular tangga. Tehnik pengumpulan data, Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil dokumentasi yang berupa foto kegiatan, RPPH. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok B RA Nurul Muttaqin. Pelaksanaan penelitian pada Siklus satu dan Siklus dua terdapat sebuah perbedaan perlakuan dimana dalam proses Siklus satu anak melakukan kegiatan menyebut, membilang, mengurutkan, dan menghubungkan anak melakukannya secara satu persatu maju kedepan. Siklus Dua dilaksanakan dengan games, yaitu dengan cara maju kedepan dua orang untuk melaksanakan kegiatan, sesuai dengan perintah guru.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Bilangan, Permainan, Ular Tangga |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4093 |