Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDN 005 LAPEO

MUHAMMAD IRDAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDN 005 LAPEO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung masih belum maksimal, hal tersebut terjadi karena model pembelajaran yang digunakan masih berpaku pada model pembelajaran konvensional dimana proses pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas 2 SDN 005 Lapeo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan kepada siswa khususnya kelas 2 dengan jumlah siswa 28 orang. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar antara siklus I sebasar 57% dan siklus II sebesar 100%. Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, peningkatan hasil belajar ditandai oleh kenaikan hasil belajar matematika siklus I sebasar 57% dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas 2 SDN 005 Lapeo pada semester II tahun pelajaran 2023/2024 dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Matematika, Tipe STAD
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item
View Item