Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN

NURHIKMAH AMRAH (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu aspek penting dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media gambar dapat membantu menyampaikan isi pesan dari materi yang diajarkan kepada siswa, sehingga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan setelah ditemukan permasalahan saat refleksi pembelajaran, yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada materi Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dijalankan melalui 2 siklus, yakni masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini diperbandingkan dengan hasil yang diperoleh siswa berdasarkan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK, maka diperoleh hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan di SD Negeri 1 Rappang. Ketika semua siswa kelas IV memperoleh hasil belajar mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 60 maka penelitian ini dianggap berhasil. Pada siklus I diperoleh hasil masih ada 5 orang siswa diantara 25 orang siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengoptimalkan penggunaan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa semuanya telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal, yaitu 60. Melihat hasil penelitian yang positif, maka diharapkan guru dalam mengajarkan pembelajaran IPA khusunya materi Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan, hendaknya menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item
View Item