Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V

RAHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah, Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi. Di mana lembar observasi tersebut merupakan informasi tentang peningkatan hasil belajar siswa, dan data dari setiap siklus tentang situasi belajar mengajar yang berlaku selama pelaksanaan penelitian. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan data proses belajar mengajar di kelas dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis informasi serta ulasan diperoleh rata – rata siklus 1 ialah 75 serta siklus 2 adalah 83. Kenaikan hasil belajar siswa menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditandai dengan semakin meningkatnya persentase nilai baik pada siklus 1 sampai nilai sangat baik pada siklus 2. Hasil diperoleh bila berhubungan dengan suasana belajar hingga model pembelajaran kooperatif jenis STAD yang digunakan bisa tingkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode STAD
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item
View Item