Search for collections on Karya Ilmiah

Menganalisis Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Islam Margolembo pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan 2 Angka dengan Penggunaan Media Benda Nyata

ASHARI (2023) Menganalisis Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Islam Margolembo pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan 2 Angka dengan Penggunaan Media Benda Nyata. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran matematika mengenai penjumlahan dan pengurangan 2 angka dengan menggunakan media benda nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Margolembo dengan jumlah siswa kelas II yang diteliti adalah 15 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang berisi soal-soal penjumlahan dan pengurangan 2 angka. Selama intervensi, media benda nyata digunakan sebagai alat pembelajaran untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang diajarkan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas II SD Islam Margolembo pada mata pelajaran Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan 2 angka dengan penggunaan media benda nyata, dapat dilihat dari presentase siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum mencapai 93,33% setelah dilakukan 2 siklus pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar, media benda nyata, matematika.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item
View Item