Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BUKU SENSORI ALPHABET A-Z KELOMPOK A TK RUNIAH SCHOOL DI KOTA MAKASSAR

NURUL EKA HANDAYANI PUAD (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BUKU SENSORI ALPHABET A-Z KELOMPOK A TK RUNIAH SCHOOL DI KOTA MAKASSAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Taman Kanak-Kanak salah satu bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyediakan program pendidikan bagi anak usia (4-6) tahun. Stimulasi yang diberikan orang dewasa, akan mempengaruhi anak dimasa yang akan datang. Pada anak usia dini , anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya, sehingga akan menjadi masa yaang penting untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak seperti nilai-nilai moral dan agama, kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik dan bahasa. Salah satu perkebangan berbahasa adalah kemampuan mengenaal huruf. Namun tidak banyak kita temukan kasus dimana terdapat anak yang masih sulit mengenal huruf. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi yang dilakukan pada TK Runiah School ternyata terdapat 4 anak dari 6 orang siswa yang berada di kelompok A TK Runiah School kesulitan untuk mengenal huruf. Ketika guru menunjukkan suatu huruf anak akan lama menjawab dan kebingungan untuk menjawab, namun ketika menyanyikan lagu abc anak akan sangat cepat untuk melafalkannya. Penyebabnya apa kenapa sampai tidak mengenal huruf Oleh karena itu peneliti ingin menganalasis bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini melalui buku sensori alphabet a-z pada kelompok A TK Runiah School di Makassar. Tujuan dari penelitian ini selain untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran buku sensori alphabet a-z digunakan dalam kegiayan pembelajaran , juga untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia dini di TK A Runiah School setelah menggunakan media pembelajaran buku sensori alphabet a-z. Setelah peneliti melakukan 2 Siklus PTK maka hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Kelompok A TK Runiah School di Makassar menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran buku sensori alphabet a-z dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf. Hal ini tentu akan menjadi dampak positif.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Mengenal huruf, Sensori Alphabet A-Z
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item
View Item