Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MEMBILANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA KELOMPOK B TK KARTIKA XX-14 MAROS

JUSLIANA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MEMBILANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA KELOMPOK B TK KARTIKA XX-14 MAROS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar anak dalam kegiatan membilang belum sesuai dengan harapan karena kurangnya penggunaan media yang sesuai dengan tema. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam kegiatan membilang menggunakan media kartu gambar di Taman Kanak-kanak Kartika XX-14 Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua silkus yaitu lima hari setiap siklus, di setiap silkus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa Kelompok B yang terdiri dari 15 orang siswa, tujuh orang laki-laki, dan delapan orang perempuan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kegiatan membilang dengan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak, capaian perkembangan anak mengalami peningkatan di mana capaian hasil belajar prasiklus nilai rata-rata 53 %, mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata 81%, dan selanjutnya pada siklus II mengalami kenaikan dengan rata-rata 85 %.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, Kegiatan membilang, Media kartu gambar, Pendidikan anak usia dini,Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item
View Item