Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TALA

ST. RAHMAWATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TALA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tala, Kelurahan Talaka, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, pada pembelajaran IPA dengan materi gaya. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah adalah 70. Hasil belajar siswa menunjukkan variasi, dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 85. Hanya 5 dari 11 siswa (45,45%) yang mencapai KKM, sedangkan siswa lainnya, sebanyak 6 siswa (54,54%), tidak memenuhi KKM. Rata-rata nilai kelas adalah 66,81. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Saat penjelasan diberikan, beberapa siswa terlihat mengantuk, berbicara dengan teman, dan kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu, dengan menerapkan metode discovery learning, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya. Setelah menerapkan metode discovery learning, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 75,45 dan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,27.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Materi Gaya,
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item
View Item