Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN METODE DRILL MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING

SITI LAELA DARMATASIAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN METODE DRILL MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di kelas yaitu, bagaimana cara meningkatkan motorik halus anak dengan metode drill melalui kegiatan menggnting. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting pada kelas B di TK Attaqwa Dusun Kedondong Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Penelitian yang dilakukan ini bersifat kolaboratif antara lain peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, penugasan dan observasi. Hasil dari penilitian ini menunjukkan adanya peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terlihat pada siklus I pertemuan ke-5 tingkat keberhasilan mencapai 50% dan pada siklus II pertemuan ke-10 meningkat menjadi 80%. Oleh karena itu untuk meningkatkan minat belajar anak melalui kegiatan menggunting dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif pada bidang pembelajaran. Karena pada dasarnya anak-anak suka menuangkan kemampuan dasarnya terutama fisik motorik dan kognitifnya tanpa arah maka diharapkan pula pada guru atau pendidik mampu membuat media pembelajaran secara sederhana agar proses belajar siswa lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Drill, Menggunting, PAUD.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item
View Item