HENY PUSPITA SARI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN KELAS IV DENGAN METODE DEMONSTRASI SDN 03 PRAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak: Peningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas IV dengan menggunakan metode Demonstrasi SD Negeri 03 Praya. Penilitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa mata pelajaran matematika meteri penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan melalui metode demonstrasi. Lokasi yang dipilih untuk penelitian ini adalah Kelas IV SD Negeri 03 Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah siswa sebanyak 18 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Kelas IV SD Negeri 03 Praya Kabuapten Lombok Tengah ini merupakan tempat tugas peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan dan masing – masing siklus terdiri atas tahap- tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus1 diperoleh fakta bahwa siswa masih canggung dalam penggunaan alat peraga. Kegiatan diskusi kelompok selama ini yang dilakukan siswa baru sebatas saling menyalin hasil pekerjaan jika memperoleh tugas mengerjakan soal. Hasil perolehan nilai rata-rata pada siklus I peneliti ini adalah 64 dengan nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 20. Rata-rata perolehan nilai ini masih berada di bawah kreteria ketuntasan minimum yang dipersyaratkan,yakni 60, sehingga diperlukan penelitian tindakan siklus II. Pada penelitian tindakan siklus II dilakukan beberapa perbaikan yang meliputi perubahan komposisi anggota kelompok, pengarahan atas materi pokok yang lebih jelas, serta latihan-latihan soal pendahuluan. Hasil pembelajaran yang diperoleh meliputi rata-rata nilai hasil pembelajaran siklus II adalah 75 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. disamping itu, tingkat ketuntasan pembelajaran pada siklus II ini mencapai 80 % yang ternyata lebih tinggi dari prasyarat ketuntasan klaksikal sebesar 80 % . Oleh karna itu tidak diperlukan perlakuan pembelajaran pada siklus berikutnya.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode, Demonstrasi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4028 |