Search for collections on Karya Ilmiah

PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 ABIANTUWUNG

I MADE PANJI WIDYANTARA MERTHA (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 ABIANTUWUNG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami subtema Perubahan Lingkungan pada Pembelajaran Tematik. Strategi dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri 4 Abiantuwung berjumlah 23 orang. Penelitian dirancang dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/penilaian dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif sederhana. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah rata-rata hasil belajar (=70,00), dan ketuntasan (=85,00%). Hasil analisis menunjukkan: (1) dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 65,43 pada Pra Siklus, 71,09 pada Siklus I, dan 76,96 pada Siklus II; (2) dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan 47,83% pada Pra Siklus, 73,91% pada Siklus I, dan 91,30% pada Siklus II. Simpulan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Subtema Perubahan Lingkungan pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 4 Abiantuwung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Implikasi dari penelitian ini adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Tematik secara efektif.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Tematik.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item
View Item