Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS II

NI MADE WIDNYANI DWISAPUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS II. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini didasari oleh permasalahan bahwa masih tingginya jumlah siswa kurang atau tidak menguasai tentang satuan baku untuk menyatakan waktu sehingga siswa belum bisa membaca waktu/jam dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemajuan kemampuan mengenal satuan waktu dengan pengimplementasian model belajar tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) siswa kelas II pada Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan di SD Negeri 2 Bungaya Kangin Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yakni disertai 4 tahap di tiap siklusnya, yaitu tahap 1 perencanaan, tahap 2 pelaksanaan, tahap 3 observasi, tahap 4 refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II sejumlah 20 orang di SD Negeri 2 Bungaya Kangin. Teknik pengumpul data yang digunakan terdiri atas observasi maupun tes. Hasil penelitian menampilkan bahwa pelaksanaan model kooperatif tipe STAD terbukti dapat memberikan peningkatan pada kemampuan mengenal satuan waktu pada siswa. Peningkatan tersebut bisa diamati pada tingkat persentase ketuntasan yang dicapai di siklus I ini mencapai 75% dan dengan kategori tinggi. Dalam siklus II meningkat hingga 90% dan dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: STAD, Kemampuan, Satuan Waktu
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item
View Item