Search for collections on Karya Ilmiah

Efektivitas Menggunakan Model Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV Green School Tahun Ajaran 2022/2023

NI LUH PUTU TRI GUNA HARTA NINGSIH (2023) Efektivitas Menggunakan Model Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV Green School Tahun Ajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui efektifitas model peta pikir (mind map) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan, (2) Untuk mengetahui efektifitas peningkatan respon siswa terhadap penerapan peta pikir (mind map). Berdasarkan tujuan diatas maka penelitian ini berpijak pada teori menulis, dan model pembelajaran peta pikir (mind map). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SPK SD Green School Bali yang berjumlah 17 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Prosedur penelitian ini terdiri atas penelitian awal, perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi pada tiap-tiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes menulis karangan berdasarkan peta pikir (mind map) yang disajikan. Selain itu peneliti juga melakukan penilaian data observasi terhadap tingkat respon siswa kelas IV SPK SD Green School Bali tahun pelajaran 2022/2023.Kata kunci: model pembelajaran, peta pikir (mind map), karangan.ABSTRACTThe goals of this study are to: (1) ascertain whether the mind map model is useful in enhancing essay writing abilities; and (2) ascertain whether it is beneficial in raising student responses to the application of mind maps. Based on the aforementioned goals, the mind map learning model and writing theory serve as the foundation for this study. There were 17 fourth graders at SPK SD Green School Bali who participated in this classroom action research project over two cycles. There were 6 female and 11 male participants. Initial research, planning, action, action implementation, observation, assessment, and reflection were all steps in the research process. The essay writing test method, based on the provided mind map, was used to collect the data. The researchers also evaluated observational data on the SPK SD Green School Bali fourth-graders' response rate for the academic year 2022–2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran, peta pikir (mind map), karangan.Keywords: learning model, mind map, essay
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item
View Item