Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Dangin Puri

NI KADEK ANNA WINDARI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Dangin Puri. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak siswa yang memiliki motivasi dalam pembelajaran Tematik khususnya muatan IPA masih dikategorikan rendah. Sebagian besar siswa bersifat pasif dalam pembelajaran, merasa pembelajaran kurang menarik sehingga antusias belajar siswa menjadi rendah, hal ini berpengaruh pada motivasi belajar siswa juga rendah. Untuk mengantisipasi motivasi belajar siswa yang rendah, guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, salah satu cara yang digunakan guru yakni dengan menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan inotivatif, salah satunya yakni model Project Based Learning (PjBL). Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan motivasi belajar pada materi ekosistem (IPA) siswa kelas 5 SD Negeri 2 Dangin Puri. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Dangin Puri. Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian tindakan kelas, maka penelitian ini menggunakan dua siklus penerapan metode. Setiap siklus penerapan meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan tindakan, dilakukan kegiatan pratindakan dengan observasi awal dan diperoleh angka persentasi motivasi siswa sebesar sebesar 49 % berada pada kategori rendah terhadap pembelajaran IPA. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan siklus I dan juga siklus II, dimana setiap akhir siklus, siswa diminta untuk mengisi angket terkait indikator motivasi belajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Terkait persentase keberhasilan metode, peneliti memberikan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase kuisionare siswa pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan dari 64.2 % menjadi 78.8 %. Berdasakan peningkatan presentase dari setiap siklusnya, hal ini menandakan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang sangat baik. Selain menggunakan angket motivasi, peneliti juga melakukan wawancara kepada siswa, yang mana sebagian besar siswa sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA khususnya materi ekosistem, sehingga hal ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa semakin meningkat, Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi eksosistem di kelas V SD Negeri 2 Dangin Puri.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), motivasi belajar, pembelajaran IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item
View Item