Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Picture and picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Topik Siklus Air Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejaten

I GUSTI AYU NYOMAN AGUNG PURI LESTARI (2023) Penerapan Model Picture and picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Topik Siklus Air Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejaten. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa yang pasif dan media belajar yang tidak memadai menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran, menyebabkan rendahnya minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM. Penelitian tindakan kelas, untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tematik. Alternatif perbaikan dengan Model Pembelajaran Picture and picture. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejaten berjumlah 17 orang. Rancangan penelitian dibuat untuk dua siklus, yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian: Pra Siklus memperoleh nilai 64,41 dengan ketuntasan 29,41%, pada Siklus I 71,47 dengan ketutasannya 76,47%, dan pada Siklus II 77,65 dengan ketuntasan 94,12%.. Simpulan bahwa dengan Model Pembelajaran Picture and picture, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan memahami Topik Siklus Air pada pembelajaraan Pembelajaran Tematik siswa Kelas V. Implikasi penelitian bahwa Model Pembelajaran Picture and picture tepat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan tema lingkungan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Picture and picture, Tematik, Siklus Air
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item
View Item