Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR

DEWA AYU PUTU SANTIKANINGSIH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mata pelajaran Tematik di kelas V SD Negeri Sukawati pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan penerapan model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Adapun subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 5 Sukawati pada semester II tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan dengan Tes Hasil Belajar diakhir siklus. Proses pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di siklus I dengan materi Sub tema 2 Memahami Perpindahan Kalor di Sekitar Kita, sedangkan di Siklus II dengan materi sub tema 3 Memahami Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan. Yang mana kedua materi tersebut masih termuat di dalam satu tema yang sama yakni tema 6. Setelah data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif diperoleh peningkatan prestasi belajar dari nilai rata-rata awal 70,47 pada pretest kemudian meningkat pada siklus I menjadi 77,61 atau setara dengan ketuntasan belajar 71,42% , dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu rata- rata kelas yang dicapai 85,25 atau sekitar mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 85,25% dengan mencapai nilai KKM pada mata pelajaran Tematikyang mempunyai memiliki KKM sebesar 75 di sekolah SD Negeri 5 Sukawati. Kesimpulan yang bisa disampaikan adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Tematik.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4006

Actions (login required)

View Item
View Item